Selasa, 05 Mei 2015

Pengertian Strategi, Metode, Model Pembelajaran

Pengertian Strategi Pembelajaran

Menurut Para Ahli :

1. Gerlach dan Ely (1990).

Strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan metode pembelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Selanjutnya mereka menjabarkan bahwa strategi pembelajaran dimaksudkan meliputi sifat, lingkup, dan urutan kegiatan pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman belajar kepada peserta didik.

2. Dick dan Carey (1996:106).

Strategi Pembelajaran adalah komponen-komponen umum dari suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang akan dipergunakan bersama-sama materi tersebut.

3. Kemp (1995).

Mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.

4. Alim Sumarno (2011).

Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan yang dipilih oleh pembelajar atau instruktur dalam proses pembelajaran yang dapat memberikan kemudahan fasilitas kepada pebelajar menuju kepada tercapainya tujuan pembelajaran tertentu yang telah ditetapkan.

5. Syaiful Bahri dan Aswan Zain (1995).

Strategi pembelajaran adalah sebagai pola-pola umum kegiatan peserta didik dalam mewujudkan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

6. A.J. Romiszowski (1981).

Berpendapat bahwa strategi pembelajaran adalah suatu pandangan umum tentang rangkaian tindakan yang diadaptasi dari perintah-perintah terpilih untuk metode pembelajaran.

Macam-Macam Strategi Pembelajaran:
1.  Strategi Pembelajaran Ekspositori (SPE),
2.  Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI),
3.  Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (SPBM) ,
4.  Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK),
5.  Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL),
6.  Srategi Pembelajaran Afektif,
7.  Strategi Pembelajaran Kreatif Produk, S
8.  Strategi Pembelajaran Inkuiriktif ,
9.  Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek,
10.Strategi Pembelajaran Kuantum,
11. Strategi Pembelajaran Siklus,
12. Srategi Pembelajaran Berbasis Komputer dan Berbasis Elektronik (E-Learning),
13. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir (SPPKB).

Pengertian Metode Pembelajaran
Menurut Sudjana (1989: 30) yang termasuk dalam komponen pembelajaran adalah “ tujuan, bahan, metode dan alat serta penilaian “Metode mengajar yang digunakan guru hampir tidak ada yang sisa-sia, karena metode tersebut mendatangkan hasil dalam waktu dekat atau dalam waktu yang relatif lama. Hasil yang dirasakan dalam waktu dekat dikatakan sebagai dampak langsung (Instructional effect) sedangkan hasil yang dirasakan dalam waktu yang relatif lama disebut dampak pengiring (nurturant effect) biasanya bekenaan dengan sikap dan nilai. (Syaiful Bahri Djamarah, 2000,194)

Macam-Macam Metode Pembelajaran
1. Metode Ceramah

2. Metode Eksperimen

3. Metode Pemberian Tugas

4. Metode Diskusi

5. Metode Latihan

6. Metode Proyek

7. Picture And Picture

8. Jigsaw (Model Tim Ahli)

9. Artikulasi

10. Mind Mapping

11. Make – A Match

12. Think Pair and Share

13. Karya Wisata

14. Role Playing

15. Problem Based Instruction

16. Problem Solving

Pengertian Model Pembelajaran
Joyce dan Weil (1992: 1) menyatakan bahwa, model mengajar merupakan model belajar, dengan model tersebut guru dapat membantu siswa untuk mendapatkana tau memperoleh informasi, ide, keterampilan, cara berpikir, dan mengekspresikanide diri sendiri. Selain itu, mereka juga mengajarkan bagaimana mereka belajar.

Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapaitujuan belajar. Fungsi model pembelajaran adalah sebagai pedoman bagi perancang pengajaran dan para guru dalam melaksanakan pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran sangat dipengaruhi oleh sifat dari materi yang akan diajarkan, tujuanyang akan dicapai dalam pembelajaran tersebut, serta tingkat kemampuan pesertadidik.

Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang dapat digunakan untuk mendesain pola-pola mengajar secara tatap muka di dalam kelas ataumengatur tutorial, dan untuk menentukan material atau perangkat pembelajarantermasuk di dalamnya, buku, film, program-program media komputer, dan kurikulum.Setiap model mengarahkan kita untuk mendesain pembelajaran yang dapat membantusiswa untuk mencapai berbagai tujuan

Macam-Macam Model Pembelajaran
Pembelajaran merupakan proses aktif peserta didik yang mengembangkan potensi dirinya. Peserta didik memproduksi pengetahuan sendiri secara lebih luas,lebih dalam dan lebih maju dengan modifikasi pemahaman terhadap konsep awal pengetahuan.Dalam model pembelajaran pusat siswa terdapat dua model pembelajaran, yaitu:

Ø Model pembelajaran cooperative learning

Ø Model pembelajaran problem based learning

Tidak ada komentar:

Posting Komentar